10% Off Storewide Applied at checkout
Sustainability       Our Heritage
Indonesia    

IDR

Kånken Art ‘23 by Mander

 

Kånken Art '23 hadir ketika seniman terkenal seperti Mander mengekspresikan kreatifitasnya dengan alam, serta menggunakan Kånken sebagai kanvas mereka.

Untuk Kånken Art '23, Fjällräven bekerja sama dengan Martin Ander (juga dikenal sebagai Mander) seorang ilustrator Swedia, desainer grafis, dan seniman. Untuk pembuatan desain aslinya, Mander menemukan inspirasi dalam perjalanan alam bersama keluarganya. Dia menafsirkan struktur organik dalam gaya punk dan fanzine ikoniknya, menghasilkan pola Patchwork yang menarik untuk panel kain Kånken Art.

Untuk mendorong orang lain membuat sketsa bunga (atau apa pun yang ditawarkan alam sebagai inspirasi), Mander ingin koleksi tahun ini menyertakan beberapa aksesori artis khusus. Itulah mengapa Kånken Art Plus juga menampilkan beberapa tambahan unik — Pen Case dan Sketch Pad.

Perhatikan lebih dekat visi dan proses Mander untuk desain Kånken Art '23 miliknya:

Bagaimana pemikiran awal Anda ketika diminta untuk bekerja dengan Fjällräven?

“Gaya saya adalah campuran dari semua yang saya lihat saat tumbuh dewasa. Dimulai dengan komik, lalu saya masuk ke skateboard, lalu grafiti, lalu punk rock dan hip hop. Saya selalu menyukai sisi visual subkultur - setiap kali saya melihat punk rocker di jalan ketika saya masih kecil, saya benar-benar terpesona dengan penampilan mereka. Itu hal yang sama dengan grafis skateboard. Mereka dicetak pada hal paling keren yang saya tahu, dan grafiknya sepertinya menceritakan begitu banyak cerita, jadi itulah arah yang saya tahu ingin saya tuju.

Apa pemikiran awal Anda ketika diminta untuk bekerja dengan Fjällräven?

“Luar biasa — saya pernah bekerja dengan merek besar sebelumnya di mana semuanya diproduksi dengan cukup cepat, tetapi Fjällräven adalah merek berkualitas di mana semuanya dipikirkan secara mendetail. Kami awalnya memulai proyek ini pada tahun 2020 selama pandemi, jadi kami memiliki waktu untuk menghasilkan sesuatu yang benar-benar merupakan perpaduan antara gaya saya dan gaya Fjällräven. Bagi saya, Kånken adalah fashion utama Swedia. Meskipun saya telah bekerja dengan beberapa merek skate favorit saya dan menghasilkan ratusan grafik skate selama bertahun-tahun, Kånken sangat istimewa karena merupakan produk ikonik.”

Dari mana asal inspirasi Kånken Art tahun ini?

Ketika pembatasan diberlakukan selama pandemi, saya tinggal di daerah di selatan Stockholm bernama Sörmland yang sangat dekat dengan alam. Saya dan keluarga mulai banyak berjalan. Saya umumnya lebih seperti orang jalanan, tetapi saya menyukai alam dan menikmati berjalan-jalan di hutan dekat rumah dan melakukan pendakian satu hari. Saya mulai mencari struktur dan pola di alam dan mulai menggambarnya sesuai gaya saya, dan semakin dekat saya melihat, semakin banyak struktur yang muncul pada batu, daun, jamur, dan lumut, misalnya. Jadi itulah dasar dari pola berulang yang Anda lihat di Kånken.

Pada akhirnya, saya menggambar begitu banyak pola dan saya tidak dapat memutuskan mana yang paling saya sukai. Jadi saya memutuskan untuk menggunakan semuanya lalu menambahkan elemen estetika punk dan fanzine yang akhirnya menjadi pola tambal sulam.

Apakah ada hal yang tidak terduga saat membuat Kånken ini?

Sangat menyenangkan memiliki kebebasan berkreasi dan bekerja sama dengan Fjällräven untuk menciptakan sesuatu yang lebih dari sekadar tas. Misalnya kami membuat saku depan lebih besar sehingga bisa menyimpan buku sketsa yang besar. Dan tentu saja, ada tempat pensil dan buku catatan yang disertakan di setiap Kånken Art Plus. Sangat cocok dengan diri saya. saya selalu membawa pulpen dan buku sketsa, jadi sangat menyenangkan bisa mewujudkannya untuk penggemar Kånken juga.

Bagaimana Anda terhubung dengan alam? Apakah ada sesuatu yang Anda lakukan untuk membantu Anda mengisi bahan bakar?

Ketika saya tinggal di Sörmland, seorang teman saya memulai tantangan untuk berenang di 100 danau dalam satu musim panas. Saya tidak berhasil, tetapi saya bersepeda dengan total 30 danau. Pada akhirnya, anak-anak ingin terus pergi ke danau yang mereka suka. Bisa dimaklumi, tetapi kadang-kadang saya mengantar anak-anak dengan seorang teman dan bersepeda ke tiga danau berbeda untuk berenang sebentar selama istirahat makan siang. Banyak pekerjaan saya yang melibatkan menatap layar atau selembar kertas untuk waktu yang lama jadi saya benar-benar perlu bergerak saat saya bisa. Saya juga berpikir jauh lebih jernih saat berjalan-jalan atau bersepeda. Saya sering mendapatkan lebih banyak ide saat berada di luar sana.

Selama bertahun-tahun, komunitas Kånken telah menemukan cara untuk menyesuaikan ransel mereka, seperti yang telah Anda lakukan dengan Kånken Art. Apakah Anda memiliki tip tentang bagaimana mereka bisa berkreasi dengan Kånken mereka?

Saya rasa orang tua tidak akan senang dengan ini, tetapi saya selalu mendorong orang untuk menggambar apaun dalam segala hal. Saya ingat dengan sangat jelas bahwa saya menulis 'Beastie Boys' di Kånken saya ketika saya masih di sekolah. Saya mengikuti seorang anak yang lebih tua yang telah menggambar hal yang sama di ranselnya dengan gaya grafiti yang menurut saya terlihat sangat keren. Saya ingat saya berlari untuk mengantre di belakangnya, di kafetaria hanya untuk mendekati rancangannya. Saya mengatakan bahwa saya akan membawa beberapa pena ke mana-mana dan menggambar dengan anda. Saya meninggalkan beberapa ruang kosong di Kånken Art karena alasan itu, jadi kreatiflah!