Kami siap membantu, email/chat
Sustainability       Our Heritage
Indonesia    

IDR

Merawat Tenda Anda

Tenda Anda adalah rumah Anda, jadi rawatlah dengan baik. Tenda yang sangat dicintai dan dirawat adalah perbedaan antara malam untuk diingat dan malam untuk dilupakan.   

 

MEMBERSIHKAN & MENGERINGKAN TENDA ANDA

Terlepas dari apakah Anda mengalami hujan atau sinar matahari, ketika Anda tiba di rumah dari sebuah petualangan, Anda harus membersihkan dan mengangin-anginkan tenda Anda. Umumnya, menyikat bagian dalam untuk menghilangkan pasir, ranting, daun, dll. Dan bilas dengan air hangat di bagian luar sudah cukup setelah perjalanan singkat. Tetapi kunjungan yang lebih lama mungkin membutuhkan pencucian yang lebih menyeluruh. Jangan pernah menaruh tenda Anda di mesin cuci. Sebagai gantinya, gunakan spons, sabun lembut, dan air hangat untuk membersihkan noda kotor. Jangan lupa juga untuk membersihkan tiang dan ritsletingnya, terutama jika Anda pernah berkemah di pantai, karena pasir dan garam bisa berdampak buruk bagi komponen logam.  

Tinggalkan tenda Anda di area yang berventilasi baik, sebaiknya di luar ruangan, agar benar-benar kering.

 

MENYIMPAN TENDA ANDA

Jangan pernah menyimpan tenda Anda dalam keadaan lembap, hal ini dapat menimbulkan jamur yang pada akhirnya akan merusak tenda Anda. Selalu beri ventilasi secara menyeluruh sebelum menyimpannya selama musim.

Sebaiknya simpan tenda Anda di area yang berventilasi baik. Jangan gunakan tas tenda. Alih-alih menggantung tenda di lemari. Jika tidak memungkinkan, lipat dengan longgar dan simpan di sarung bantal, atau tutupi dengan handuk, dan simpan di lemari pakaian Anda.

Keluarkan tenda Anda dari gudang satu atau dua hari sebelum pergi ke alam bebas lagi, untuk mengangin-anginkannya secara menyeluruh, untuk memeriksa apakah tidak ada jamur yang terbentuk dan untuk memastikan Anda memiliki semua bagiannya. Periksa ritsleting Anda juga. Mereka mungkin membutuhkan sedikit minyak atau lilin untuk memastikannya terbuka dan tertutup dengan lancar.

 

MEMPERBAIKI TENDA ANDA

Selama masa pakai tenda Anda, perbaikan yang aneh, di sana-sini, kemungkinan besar terjadi. Semua tenda kami dilengkapi dengan kit perbaikan yang mencakup: saluran cadangan; bagian tiang cadangan untuk setiap diameter tiang yang digunakan tenda; dan tabung perbaikan tiang. Ada juga jarum dan benang, penyembuh jahitan yang juga berfungsi sebagai lem, dan tambalan kain tenda untuk flysheet, tenda bagian dalam, dan alas.

Untuk perjalanan yang lebih jauh, kami juga menyarankan untuk membawa multi-alat – yang memiliki tang – dan beberapa lakban, untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu dan Anda perlu melakukan perbaikan darurat saat dalam perjalanan.

  1. Guylines
    Cara termudah untuk memperbaiki guyline adalah dengan mengikat simpul. Jika Anda sudah mengikatnya beberapa kali, sebaiknya ganti dengan guyline baru. Ingatlah untuk membakar ujung setiap guylines baru untuk mencegah keributan.
  2. Pasak Tenda
    Halaman tenda yang bengkok biasanya dapat diluruskan dengan bantuan sepatu boot yang kokoh dan sedikit semangat. Tapi tang juga melakukan pekerjaan dengan baik.
  3. Tiang Tenda
    Anda dapat mengganti bagian yang rusak dengan cadangan di kit perbaikan Anda. Lepaskan steker aluminium di ujung tiang. Lepaskan simpul di tali elastis. Pisahkan bagian tiang dan lepaskan dari kabelnya. Ganti bagian yang rusak dengan cadangan dan pasang kembali semua bagian tiang ke kabel elastis. Ikat simpul baru lalu ganti steker aluminium. 
    Jika Anda tidak memiliki cadangan lain, Anda dapat menggeser tabung perbaikan tiang cadangan di atas bagian yang rusak. Merupakan ide bagus untuk mencoba dan membentuk ujung yang patah agar menjadi bulat mungkin. Hal ini mengurangi risiko tepi patah yang merusak tali elastis. Setelah tabung dipasang, rekatkan kedua ujungnya dengan lakban (tidak disediakan).
  4. Kain Jahit
    robekan apa pun segera setelah Anda melihatnya. Kemudian rekatkan tambalan perbaikan dengan lem seam-sealer ke bagian luar tenda, lalu jahit di sekeliling tepi tambalan untuk mengamankannya di tempatnya. Jangan lupa untuk menutup jahitan dengan seam sealer. 
    Anda dapat memperbaiki robekan atau sobekan pada lembaran tanah menggunakan tambalan berperekat dalam kit perbaikan. Ingatlah untuk menutupi lubang di bagian dalam dan luar lembaran tanah.
  5. Ritsleting
    Anda dapat melakukan perbaikan darurat dengan merekatkan bagian dalam untuk menutupnya lalu menjahit beberapa jahitan melalui kain setiap 10 cm atau lebih.